Adaptif Terhadap Perkembangan, Guru Matematika MTsN 3 Sleman Aktif Ikuti Pelatihan PTK Dan Publikasi Ilmiah
Sleman_(MTsN 3 Sleman)_Tiga orang guru matematika MTsN 3 Sleman Marlina Lestari, S.Pd, Dra Sri Mulyani dan Dra Rusmini Barokah mengikuti kegiatan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Publikasi Ilmiah untuk guru matematika MTs di Kabupaten Sleman. Kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama MGMP Matematika MTs Kabupaten Sleman dengan Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA UNY. Bertempat di Ruang Sidang 3 FMIPA UNY pada Kamis 1 Agustus 2024, kegiatan tersebut berlangsung dari pukul 08.00 -13.00 WIB. Dihadiri oleh 35 peserta guru Matematika MTs se Kabupaten Sleman, acara tersebut menyuguhkan materi materi yang disajikan dalam dua panel sesi. Pada panel sesi satu disajikan materi pertama bertema Metodologi Penelitian Pendidikan oleh narasumber Dr Ali Mahmudi yang dilanjutkan dengan materi Penelitian Tindakan Kelas oleh Prof Dr Sugiman. Selang jeda istirahat, panel sesi dua menyampaikan materi bertema Penulisan Artikel Ilmiah oleh Nila Mareta Murdiyani, M.Sc dan Publikasi Karya Ilmiah oleh Dr Syukruk Hamdi.
Dalam menyampaikan materinya, Narasumber PTK Prof Dr Sugiman menegaskan bahwa matematika itu tidaklah sulit. Namun merupakan seni memecahkan dan menemukan solusi yang menyenangkan. Narsum juga menekankan tentang esensi kurikulum merdeka bagi siswa yang bertujuan untuk membangun kemampuan berfikir, menalar, berargumen dan berdiskusi mereka sehingga bukan hanya sebagai penerima hal yang diajarkan semata.
Ketua MGMP Matematika MTs Kabupaten Sleman Estyn Ariestika, S.Pd, M.Pd dalam sambutannya mengungkapkan bahwa regulasi yang selalu berubah menuntut guru untuk selalu update ilmu pengetahuan dan adaptif terhadap perkembangan zaman. “Seyogyanya kegiatan ini diikuti dan dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat meningkatkan profesionalisme kita sebagai guru matematika khususnya” tandas Estyn.
Marlina Lestari, S.Pd sebagai salah satu guru matematika MTsN 3 Sleman mengaku merasa beruntung dapat terlibat dan mengikuti kegiatan tersebut. “dengan mengikuti kegiatan ini merupakan upaya menambah pengalaman menulis dan meningkatkan profesionalisme guru”ujar Marlina. Sebagai tindak lanjut kegiatan pelatihan tersebut seluruh peserta mempraktekan menyusun PTK untuk kemudian dipublikasikan secara terbimbing. (ind)