Berita

Tim Riset Putra MTsN 3 Sleman Raih Medali Perak Youth International Science Fair 2022

Tim Riset Putra MTsN 3 Sleman Raih Medali Perak Youth International Science Fair 2022

Sleman (MTsN 3 Sleman) -- – Kabar gembira datang dari MTsN 3 Sleman. Penelitian Tim Riset Putra MTsN 3 Sleman berjudul “Utilization of Plastic Bag and Kascing for Vegetable Verticulture” berhasil meraih medali perak dalam kategori Environment pada ajang internasional YISF 2022. Ajang ini berlangsung secara offline dan online.  Terdapat 459 tim dari berbagai negara yang mengikuti secara online dan 31 tim mengikuti secara offline. Ajang internasional ini diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Association (IYSA), IPB University, Universitas Islam Malang, dan BUCA International Music Science Energy Enginering Fair.

Tim Riset Putra MTsN 3 Sleman yang diketuai Ismirajqi Wira Mulia Risananda melaksanakan penjurian pada 15 Maret 2022 secara daring. Tim diberi waktu 15 menit untuk mempresentasikan dan menjawab soal dari juri yang berasal dari Turki dan Malaysia.  “Senang sekali bisa mendapatkan silver karena saat penjurian kami harus berbahasa Inggris, sehingga lumayan nervous,” ungkap Wira.

Kepala Madrasah MTsN 3 Sleman Paijo, S.Ag  mengapresiasi segenap perjuangan dan prestasi yg telah ditorehkan dalam lomba kejuaraan tingkat internasional. “Terus tingkatkan semangat belajarnya semoga diajang lomba- lomba lainnya bisa mendapatkan prestasi yg lebih baik lagi,” tandas Kamad.

Tutik Dwiyati, S.Pd dan Muflikhatun Ni’mah, S.Pd mengaku sangat bangga atas prestasi yang diraih anak didiknya. “Kita memilih judul pemanfaatan plastik kresek dan limbah kascing (bekas cacing) untuk vertikultur tanaman sayuran karena kita ingin ikut mengurangi sampah plastik terutama kresek yg banyak dihasilkan dari aktivitas rumah tangga.  Sampah plastik tersebut digunakan kembali sebagai sarana menanam sayuran dan kita memilih teknik vertikultur karena ingin memaksimalkan pemanfaatan lahan sempit untuk budidaya sayuran terutama untuk rumah tangga yang punya pekarangan sempit akan tetapi tetap bisa menanam sayuran untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga,” jelas Tutik. (dee)


Tanggapan

Artikel Lainnya

Perkemahan Penggalang MTsN 3 Sleman Sukses

Perkemahan Penggalang MTsN 3 Sleman Sukses

Sleman (MTsN 3 Sleman)-- Selama tiga hari sejak Senin 13 Maret 2023 lalu Pangkalan MTsN 3 Sleman atau Gugus Depan Sleman 11.055 - 11.056 menyelenggarakan perkemahan penggalang kelas VII. Perkemahan yang dihelat di Bumi Perkemahan Jaka Garong Garongan Wonokerto Turi Sleman itu diwarnai dengan berbagai rangkaian

READ MORE