Berita

Sambut USDA  MTsN 3 Sleman Susun Best Practices

Sambut USDA MTsN 3 Sleman Susun Best Practices

Sleman (MTsN 3 Sleman) – Ujian Nasional Tahun 2021 bagi siswa kelas IX resmi dibatalkan namun demikian madrasah di Yogyakarta akan melaksanakan Ujian Sekolah Daerah (USDA). Sama halnya dengan Ujian Nasional, mata pelajaran yang diujikan dalam USDA adalah Matematika, Bahasa Inggris, IPA dan Bahasa Indonesia. Nilai USDA akan digunakan sebagai pemetaan madrasah di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk menyukseskan USDA 2021, MTsN 3 Sleman mengadakan rapat koordinasi Penyusunan Best Practice Sukses USDA pada Sabtu (23/1/2021) di aula madrasah. Rapat dihadiri oleh Tim Sukses USDA dan AKM Siswa yang diketuai oleh Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum Mulyono, S.Pd, MA. Dalam rapat, Mulyono memaparkan langkah-langkah yang akan diambil untuk melejitkan tiga variabel kesuksesan Social Quotient, Emotional Quotient dan Intelligence Quotient.

Beberapa langkah-langkah tersebut diantaranya adalah; USDA Call, Simuda, Pelatda dan JTC. USDA Call adalah pendampingan untuk shalat tahajud dan doa malam. Simuda merupakan akronim dari Siap Menghadapi Ujian Daerah. Kegiatannya berupa les pendampingan latihan-latihan soal empat mapel sesuai dengan kisi-kisi atau indikator Standar Kompetensi Lulusan. Pelatda (Pemusatan Latihan Ujian Daerah) siswa dilatih mengerjakan soal UNBK sekali dalam seminggu. Sedangkan JTC (Juara Training Camp) adalah program pendampingan khusus bagi 15 siswa terbaik.

“Tim Sukses USDA dibentuk untuk mempersiapkan para siswa agar mendapatkan nilai yang bagus sehingga mereka bisa mendaftar di madrasah/ sekolah favorit” tutur Kepala MTsN 3 Sleman Paijo, S.Ag saat membuka rapat. “Kita harus memiliki target agar kita memiliki motivasi yang tinggi untuk melaksanakan program-program yang telah kita susun ini” pesan Ketua Tim kepada peserta rapat.

 Program-program yang telah disepakati dalam rapat rencananya akan dimulai di pertengahan Februari menunggu kebijakan Gubernur selanjutnya tentang Pengetatan Secara Terbatas Kegiatan Masyarakat di DIY. (dee)


Tanggapan

Artikel Lainnya

Podjok Buku Untuk MTsN Ngemplak

Podjok Buku Untuk MTsN Ngemplak

           Sleman  -- MTsN Ngemplak tahun ini terpilih sebagai salah satu penerima hibah buku dari komunitas sepeda onthel dua negara: Indonesia – Malaysia yang secara simbolis diserahkan oleh Ketua Paguyuban Onthel Djokjakarta (Podjok) Muntowil kepada Kepala Madrasah MTsN

READ MORE