Berita

MTsN 3 Sleman Mulai Laksanakan Ekstra Kurikuler Pramuka

MTsN 3 Sleman Mulai Laksanakan Ekstra Kurikuler Pramuka

Sleman (MTsN 3 Sleman)— Ekstra kurikuler Pramuka memberikan berbagai manfaat bagi para siswa, diantaranya menumbuhkan nasionalisme, cinta tanah air, kedisiplinan serta penanaman jati diri bangsa. Sayangnya, di masa pandemi Covid-19 ini ekstra pramuka sulit untuk dilaksanakan. Hingga saat ini, pemerintah belum mengijinkan diadakannya pembelajaran tatap muka untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Mengingat pentingnya pramuka bagi siswa, Sabtu (9/1/2021) semester kedua Tahun Pelajaran 2020/2021 MTsN 3 Sleman mulai melaksanakan ekstrakurikuler pramuka secara virtual. Para siswa mengikuti kegiatan ekstra pramuka secara live streaming di channel Youtube MTsN 3 Sleman.

“Pendidikan Pramuka adalah pendidikan ekstra yang wajib di ikuti oleh siswa MTsN 3 Sleman. Pendidikan kepanduan ini dilaksanakan dalam rangka membekali para siswa dengan berbagai ketrampilan dan kedisiplinan agar belajar menghadapi kesulitan hidup diberbagai kondisi secara mandiri. Ketrampilan dan kedisiplinan harus ditanamkan sejak dini agar bisa secara cepat dan tanggap dalam mengambil suatu tindakan dengan benar,” tandas Kepala MTsN 3 Sleman Paijo, S.Ag. Kamad menambahkan Pramuka mengajarkan para siswa untuk berlatih hidup di alam terbuka baik secara pribadi ataupun kelompok sehingga dibutuhkan kerja sama yang baik antar individu agar kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi. Hal tersebut membutuhkan pemahaman dan kepekaan antar anggota agar setiap anggota dapat mengambil peran masing-masing guna memenuhi tanggung jawabnya.

Kak Nur Hudariyanto, S.Pd.I pemateri pada ekstra pramuka virtual kali ini menyampaikan materi mengenai Dasa Dharma, Dwi Dharma, Dwi Satya, Tri Satya dan Penilaian Kepramukaan. “Gugus Depan sudah membuat program latihan mingguan untuk model regular bagi pramuka penggalang untuk satu semester dan penilaian sikap melalui observasi oleh pembina, penilaian antar teman, penilaian diri maupun penilaian ketrampilan” papar kak Nur. Selanjutnya, pemateri menjelaskan secara lebih detail teknis penilaian dan kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan kepada peserta.

Tim Kesiswaan yang digawangi oleh Rini Dwi Kusumowati, S.Pd.I memantau pelaksanaan kegiatan dan memastikan semua siswa mengikuti kegiatan. (dee)

 


Tanggapan

Artikel Lainnya

Baksos MTsN 3 Sleman Sambut Ramadhan

Baksos MTsN 3 Sleman Sambut Ramadhan

Sleman— Senin (15/5) Bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Sleman ke 101, MTsN 3 Sleman menggelar bakti sosial berupa penyerahan sembilan bahan pokok (sembako) kepada 144 keluarga kurang mampu yang terdiri atas 105 orang tua/wali, 9 pegawai MTsN 3 Sleman, 30 warga sekitar madrasah, dan 6 cadangan. Para penerima

READ MORE
Bakti Lingkungan MTsN 3 Sleman di Pantai Depok

Bakti Lingkungan MTsN 3 Sleman di Pantai Depok

Sleman—Salah satu tujuan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) MTs Negeri 3 Sleman adalah pembentukan karakter siswa. Kegiatan Matsama didesain untuk menumbuhkan perilaku positif antara lain agamis, disiplin, cinta tanah air, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki  nilai

READ MORE