Berita

Bakti Lingkungan MTsN 3 Sleman di Pantai Depok

Bakti Lingkungan MTsN 3 Sleman di Pantai Depok

Sleman—Salah satu tujuan Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) MTs Negeri 3 Sleman adalah pembentukan karakter siswa. Kegiatan Matsama didesain untuk menumbuhkan perilaku positif antara lain agamis, disiplin, cinta tanah air, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki  nilai integritas, etos kerja dan semangat gotong royong. Oleh karena itu, sebagai penutup rangkaian kegiatan Matsama yang berlangsung selama tiga hari dari Senin sampai Rabu 17-19/7 siswa-siswi baru kelas 7 MTsN 3 Sleman dilaksanakan kegiatan di luar madrasah (outing) dengan mengunjungi beberapa museum dan bakti lingkungan di wilayah DIY. Bakti lingkungan tahun ini dilaksanakan di Pantai Depok, Bantul dengan pembersihan sampah yang berserakan di sepanjang Pantai Depok secara berkelompok dalam kurun waktu 30 menit.

Sebelum kegiatan bakti masyarakat tersebut, para siswa mengunjungi Museum Dirgantara, Museum Wayang Kekayon, Museum Perjuangan dan ziarah ke makam Syekh Maulana Maghribi di kawasan Pantai Parangkusumo, Bantul. Kunjungan ke beberapa museum dan ziarah  ini dimaksudkan untuk menanamkan sikap menghargai perjuangan para pahlawan, melestarikan budaya leluhur dan untuk meneladani semua jasa baik Syekh Maulana Maghribi. Hal itu disampaikan Kepala Madrasah MTsN 3 Sleman, Dra. H. Sri Haryati Handayani.

Dalam Pengenalan Lingkungan Madrasah tahun ini, MTsN 3 Sleman juga melibatkan Polsek Ngemplak dengan pemberian materi Pendidikan Berlalu lintas dan Menghindari Kriminalitas Remaja, dan Puskesmas Wedomartani dengan materi Kesehatan Reproduksi dan Pergaulan Remaja. Beberapa permainan dan pentas seni juga mewarnai kegiatan Matsama tahun ini.

 

Antusiasme yang tinggi ditunjukkan para siswa dalam pelaksanaan setiap kegiatan Matsama. Objek museum yang dikunjungi berkaitan dengan mata pelajaran IPS, Fikih dan bahasa Jawa yang akan dipelajari di kelas 7 nantinya serta bakti lingkungan adalah perwujudan cinta lingkungan warga MTsN 3 Sleman sebagai madrasah rintisan Adiwiyata, demikian disampaikan Koordinator Matsama, Nurhudariyanto, S.Pd.I . (dhe)


Tanggapan

Artikel Lainnya

MTsN 3 Sleman Adakan Workshop  Evaluasi Diri Madrasah

MTsN 3 Sleman Adakan Workshop Evaluasi Diri Madrasah

Sleman (MTsN 3 Sleman) – Tahun Pelajaran Baru 2020/2021 masih beberapa minggu lagi. MTsN 3 Sleman sudah mulai mempersiapkan diri dengan menyusun dan mengesahkan KTSP bulan Mei kemarin dan mengadakan Workshop Evaluasi Diri Madrasah pada Senin (8/6/2020) hingga Selasa (9/6/2020). Workshop tersebut berlangsung di

READ MORE