Berita

Siap Sukses, Siswa MTsN 3 Sleman Jalani ASAS Gasal Hari Kedua dengan Penuh Semangat

Siap Sukses, Siswa MTsN 3 Sleman Jalani ASAS Gasal Hari Kedua dengan Penuh Semangat

Sleman ( MTsN 3 Sleman ) ─ Hari kedua pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) Gasal di MTsN 3 Sleman diselenggarakan pada Kamis 27 Nopemeber 2025. Seluruh siswa kelas VII hingga IX mengikuti ujian dengan penuh fokus dan semangat belajar, menunjukkan kedisiplinan dan kegigihan dalam menghadapi ujian penting ini.

Kegiatan ASAS hari kedua ini merupakan kelanjutan dari serangkaian proses evaluasi belajar yang telah dijalani siswa selama satu semester. Berlangsung mulai pukul 07.30 sampai dengan 09.30 WIB untuk sesi pertama diselingi istirahat lanjut sesi kedua pukul 10.30 sampai dengan 12.00 WIB dengan mata pelajaran Matematika dan Akidah Akhlak. Masing-masing kelas terdiri sekitar 32 siswa yang merupakan gabungan 2 kelas masing-masing sebanyak 50 persen dan dibawah kepengawasan 2 orang guru dan 3 orang proktor, berlangsung dengan tertib dan lancar

Kepala Madrasah Suwardi, S.S, M.Pd, mengapresiasi antusiasme siswa dalam menjalani tahapan asesmen ini. Kepala madrasah mengingatkan bahwa ASAS sebagai agenda besar di akhir semester menjadi momentum bagi siswa untuk menunjukkan hasil usaha belajar mereka dengan sungguh-sungguh. ” Semoga pelaksanaan ASAS dapat terus berjalan dengan baik hingga selesai. Diharapkan nilai yang diperoleh nantinya bisa menjadi cerminan pencapaian akademik siswa selama ini.” demikian harapannya.

Kegiatan ini menjadi bagian penting dalam peningkatan mutu pendidikan di MTs N, dengan ASAS sebagai alat ukur yang valid untuk mengevaluasi proses pembelajaran dan hasil belajar siswa secara menyeluruh.

Ray Fathan Aydin salah satu siswa peserta ASAS dari kelas 8A menyatakan bahwa soal-soal ASAS kali ini lebih menantang dalam hal tingkat kesulitannya sehingga memerlukan kesiapan yang lebih matang. ” soalnya lumayan susah, jadi perlu belajar lebih giat lagi” ujarnya.

Suasana ujian di ruang-ruang kelas berlangsung tenang tanpa kendala berarti, didukung oleh persiapan matang dari pihak sekolah dan kesadaran siswa akan pentingnya evaluasi akademik yang objektif. (win)


Tanggapan

Artikel Lainnya